Resep Dan Cara Membuat Kue Pukis

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Dan Cara Membuat Kue Pukis salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Dan Cara Membuat Kue Pukis

Kue pukis adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang memiliki rasa manis dan aroma sedap. Kue ini terbuat dari bahan-bahan dasar seperti tepung terigu, gula, telur, dan santan. Kue pukis memiliki tekstur yang lembut dan empuk sehingga cocok disantap sebagai camilan atau hidangan penutup. Berikut adalah resep dan cara membuat kue pukis yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kue pukis, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 150 gram gula pasir
  • 5 butir telur
  • 300 ml santan kental
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh soda kue

Cara Membuat Adonan Kue Pukis

Setelah semua bahan sudah disiapkan, selanjutnya adalah membuat adonan kue pukis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Campurkan Tepung Terigu dan Bahan Kering Lainnya

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, garam, vanili bubuk, baking powder, dan soda kue dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan saringan atau whisk.

2. Tambahkan Telur dan Santan

Selanjutnya, pecahkan telur satu per satu ke dalam wadah adonan. Tuangkan santan kental sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi halus dan rata.

3. Aduk Adonan Hingga Mengembang

Aduk adonan menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi selama 10-15 menit atau hingga adonan mengembang dan berwarna putih pucat. Jangan terlalu lama mengaduk adonan karena akan membuat tekstur kue menjadi keras.

4. Diamkan Adonan

Diamkan adonan selama 15-30 menit agar tercampur sempurna dan menghasilkan kue pukis yang lembut dan empuk.

Cara Membuat Kue Pukis

Setelah adonan kue pukis siap, selanjutnya adalah membuat kue pukis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Panaskan Loyang Kue Pukis

Panaskan loyang kue pukis dengan api kecil dan oleskan sedikit margarin atau minyak goreng pada bagian dalam loyang. Tunggu hingga loyang benar-benar panas.

2. Tuang Adonan Kue Pukis ke Loyang

Tuang adonan kue pukis ke dalam loyang hingga setengah bagian. Jangan terlalu penuh karena adonan akan mengembang saat dipanggang.

3. Tutup Loyang dan Panggang

Tutup loyang kue pukis dan panggang selama 3-5 menit atau hingga bagian atas kue pukis terlihat matang dan berubah warna menjadi kekuningan. Buka tutup loyang dan panggang lagi selama 1-2 menit hingga kue pukis matang sempurna.

4. Angkat dan Sajikan

Angkat kue pukis dari loyang menggunakan sendok atau spatula. Sajikan kue pukis dalam piring atau wadah yang diinginkan. Kue pukis siap disantap sebagai camilan atau hidangan penutup.

People also ask: Apakah kue pukis bisa dibuat dengan bahan pengganti santan?

Jawaban: Ya, kamu bisa mengganti santan dengan susu atau air. Namun, rasanya akan sedikit berbeda dan teksturnya mungkin tidak seempuk kue pukis yang dibuat dengan santan.

Terima kasih sudah membaca Resep Dan Cara Membuat Kue Pukis ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :