Resep Kue Bingka Telur Gula Merah

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Bingka Telur Gula Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Bingka Telur Gula Merah

Kue bingka telur gula merah adalah salah satu kue tradisional yang berasal dari Sumatera Selatan. Kue ini terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung ketan, telur, santan, dan gula merah. Rasanya yang manis dan legit membuat kue bingka telur gula merah menjadi favorit banyak orang. Berikut adalah resep lengkapnya!

Bahan-bahan

Untuk membuat kue bingka telur gula merah, kamu memerlukan bahan-bahan berikut:

  • 500 gram tepung ketan
  • 8 butir telur
  • 500 ml santan kental
  • 300 gram gula merah, serut
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue bingka telur gula merah:

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan. Pastikan semua bahan sudah diukur dengan benar dan disiapkan di tempat yang mudah dijangkau.

2. Campurkan Tepung Ketan dan Gula Merah

Campurkan tepung ketan dan gula merah serut dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga gula merah tercampur sempurna dengan tepung ketan.

3. Tambahkan Telur dan Santan

Tambahkan telur satu per satu ke dalam campuran tepung ketan dan gula merah. Aduk rata setiap kali menambahkan telur. Setelah itu, tambahkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi agak kental.

4. Tambahkan Garam

Tambahkan garam ke dalam adonan dan aduk rata.

5. Panggang Kue

Siapkan loyang dan olesi dengan sedikit minyak. Tuang adonan kue ke dalam loyang dan ratakan. Panggang kue dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 180 derajat Celsius selama sekitar 45-50 menit atau hingga matang dan berwarna kecoklatan.

6. Sajikan

Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum dipotong dan disajikan. Kue bingka telur gula merah siap dinikmati!

Jangan lupa untuk menyimpan kue dalam wadah kedap udara agar tetap segar dan tahan lama.

Jawaban untuk People Also Ask:

1. Apa bedanya kue bingka dengan kue lainnya?

Jawaban: Kue bingka memiliki tekstur yang lebih padat dan kenyal dibandingkan dengan kue lainnya. Selain itu, rasanya yang manis dan legit juga menjadi ciri khas dari kue bingka.

2. Bisakah kue bingka disimpan dalam freezer?

Jawaban: Ya, kue bingka dapat disimpan dalam freezer selama paling lama satu bulan. Namun, pastikan untuk membungkus kue dengan rapat dan simpan dalam wadah kedap udara agar tidak terkena bau freezer.

3. Apa yang bisa ditambahkan ke dalam adonan kue bingka?

Jawaban: Beberapa bahan yang bisa ditambahkan ke dalam adonan kue bingka antara lain kacang hijau, kacang mede, atau keju parut. Namun, pastikan untuk menyesuaikan jumlah bahan tambahan agar tidak membuat tekstur kue menjadi terlalu padat atau keras.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Bingka Telur Gula Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :