Resep Kue Cincin Khas Banjar

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Cincin Khas Banjar salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Cincin Khas Banjar

Kue cincin khas Banjar adalah salah satu kue tradisional yang berasal dari Kalimantan Selatan. Kue ini memiliki bentuk cincin dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Kue cincin ini biasanya disajikan pada acara-acara adat atau perayaan. Berikut adalah resep lengkap untuk membuat kue cincin khas Banjar.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue cincin khas Banjar, pastikan semua bahan sudah tersedia. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 50 gram tepung maizena
  • 100 gram margarin
  • 1 butir telur ayam
  • 100 gram gula halus
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Adonan

Pertama-tama, buatlah adonan dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena, gula halus, vanili, dan garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna. Setelah itu, masukkan margarin dan telur ayam ke dalam adonan. Aduk rata hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan.

Membentuk Adonan

Setelah adonan siap, ambil sejumput adonan lalu bentuk menjadi lingkaran dengan ukuran sekitar 2,5 cm. Ulangi hingga semua adonan habis. Setelah itu, buatlah lubang kecil di tengah-tengah lingkaran adonan menggunakan jari atau ujung sendok kecil.

Penggorengan

Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga benar-benar panas. Masukkan adonan ke dalam minyak goreng dan goreng hingga kedua sisi kue berwarna keemasan. Angkat kue dan tiriskan dari minyak goreng menggunakan tissue dapur agar kue tidak terlalu berminyak. Kue cincin khas Banjar siap disajikan.

Untuk variasi, kue cincin khas Banjar juga bisa ditaburi dengan gula halus atau wijen panggang di atasnya. Selain itu, kue cincin ini juga bisa disimpan dalam wadah kedap udara agar tetap awet dan renyah.

Jawaban untuk pertanyaan yang sering diajukan adalah bahwa kue cincin khas Banjar biasanya disajikan pada acara-acara adat atau perayaan di Kalimantan Selatan. Kue ini memiliki bentuk cincin dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Kue ini juga bisa ditaburi dengan gula halus atau wijen panggang di atasnya. Kue cincin ini bisa disimpan dalam wadah kedap udara agar tetap awet dan renyah.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Cincin Khas Banjar ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :