Resep Kue Kering Sarang Semut

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Kering Sarang Semut salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Kering Sarang Semut

Kue kering sarang semut merupakan salah satu kue yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Kue ini memiliki rasa yang gurih dan renyah, serta bentuknya yang unik menyerupai sarang semut. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat kue kering sarang semut, berikut adalah resep yang dapat kamu ikuti.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kering sarang semut antara lain:

1. Tepung terigu

Pilih tepung terigu yang berkualitas tinggi agar kue yang dihasilkan lebih lembut dan empuk. Saring tepung terigu sebelum digunakan untuk menghindari adanya gumpalan.

2. Gula pasir

Gula pasir digunakan untuk memberikan rasa manis pada kue kering sarang semut. Sesuaikan jumlah gula pasir yang digunakan sesuai dengan selera.

3. Telur ayam

Telur ayam digunakan sebagai bahan pengikat dan memberikan tekstur kue yang lebih kenyal. Pilih telur ayam yang segar dan bersih.

4. Margarin

Margarin digunakan sebagai pengganti mentega. Pilih margarin yang tidak mengandung minyak kelapa sawit agar kue yang dihasilkan lebih sehat.

5. Susu bubuk

Susu bubuk digunakan untuk memberikan aroma dan rasa yang lezat pada kue kering sarang semut. Pilih susu bubuk yang berkualitas tinggi agar kue yang dihasilkan lebih enak.

6. Tepung maizena

Tepung maizena digunakan sebagai bahan pengental pada adonan kue. Tepung maizena juga membuat kue kering sarang semut lebih lembut dan empuk.

7. Baking powder

Baking powder digunakan sebagai bahan pengembang pada adonan kue. Pilih baking powder yang berkualitas tinggi agar kue yang dihasilkan lebih mengembang.

8. Garam

Garam digunakan sebagai bahan pengatur rasa pada kue kering sarang semut. Jangan terlalu banyak menggunakan garam agar kue tidak terlalu asin.

Cara membuat

Berikut adalah cara membuat kue kering sarang semut:

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Siapkan semua bahan yang dibutuhkan dan jangan lupa untuk menimbangnya dengan teliti. Pastikan semua bahan dalam keadaan suhu ruangan.

2. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, baking powder, dan garam

Campurkan tepung terigu, susu bubuk, baking powder, dan garam dalam satu wadah. Aduk rata menggunakan sendok atau saringan.

3. Kocok margarin dan gula pasir hingga lembut

Kocok margarin dan gula pasir menggunakan mixer hingga lembut dan pucat. Jangan terlalu lama mengocoknya agar adonan tidak terlalu lembek.

4. Masukkan telur dan aduk rata

Masukkan telur satu per satu ke dalam adonan margarin dan gula pasir. Aduk rata menggunakan mixer.

5. Tambahkan campuran tepung sedikit-sedikit

Tambahkan campuran tepung sedikit-sedikit ke dalam adonan telur dan margarin. Aduk rata menggunakan mixer atau spatula.

6. Tambahkan tepung maizena dan aduk rata

Tambahkan tepung maizena ke dalam adonan dan aduk rata menggunakan spatula. Jangan terlalu lama mengaduknya agar adonan tidak terlalu keras.

7. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil

Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dengan diameter sekitar 1 cm. Letakkan bulatan adonan ke dalam loyang yang telah diolesi dengan margarin.

8. Beri cetakan kue kering sarang semut

Beri cetakan kue kering sarang semut pada bulatan adonan. Tekan-tekan hingga bulatan adonan terlihat seperti sarang semut. Lakukan hal yang sama pada bulatan adonan yang lain.

9. Panggang kue kering sarang semut

Panaskan oven pada suhu 150 derajat Celsius. Panggang kue kering sarang semut selama 20-25 menit atau sampai matang. Keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin.

10. Kue kering sarang semut siap disajikan

Kue kering sarang semut siap disajikan. Kamu bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara agar tetap renyah dan tahan lebih lama.

Jawaban dari people also ask:

1. Apakah kue kering sarang semut bisa disimpan dalam lemari es?

Ya, kue kering sarang semut bisa disimpan dalam lemari es selama beberapa hari. Simpan kue dalam wadah kedap udara agar tidak mudah basi.

2. Apa yang bisa digunakan sebagai pengganti margarin?

Anda bisa menggunakan mentega sebagai pengganti margarin. Namun, pastikan mentega yang digunakan tidak terlalu lembek agar kue yang dihasilkan lebih enak.

3. Apa yang harus dilakukan jika adonan terlalu lembek?

Jika adonan terlalu lembek, tambahkan sedikit tepung terigu hingga adonan menjadi cukup kalis. Aduk rata menggunakan spatula atau tangan.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Kering Sarang Semut ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :