Resep Kue Lapis Tepung Beras Jtt

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Lapis Tepung Beras Jtt salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Lapis Tepung Beras Jtt

Kue lapis tepung beras JTT merupakan salah satu jenis kue tradisional yang sangat populer di Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan manis serta aroma yang sangat khas. Jika Anda ingin mencoba membuat kue lapis tepung beras JTT di rumah, berikut adalah resep yang dapat Anda coba.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue lapis tepung beras JTT cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar terdekat. Beberapa bahan yang perlu disiapkan antara lain:

  • 500 gram tepung beras
  • 300 gram gula pasir
  • 200 ml santan kental
  • 1000 ml air matang
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh garam
  • Pewarna makanan (merah, hijau, dan kuning)

Cara Membuat Adonan Dasar

Untuk membuat adonan dasar kue lapis tepung beras JTT, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan tepung beras, gula pasir, dan air matang dalam sebuah wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.
  2. Tambahkan santan kental, daun pandan, dan garam ke dalam adonan. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata.
  3. Saring adonan menggunakan saringan kasar dan sisihkan.

Cara Membuat Lapisan Warna Merah

Setelah adonan dasar selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat lapisan warna merah. Berikut adalah cara membuatnya:

  1. Ambil 1/3 bagian adonan dasar dan campurkan dengan pewarna merah. Aduk hingga warna merata.
  2. Saring adonan menggunakan saringan halus dan sisihkan.
Cara Membuat Lapisan Warna Hijau dan Kuning

Selain lapisan warna merah, kue lapis tepung beras JTT juga memiliki lapisan warna hijau dan kuning. Berikut adalah cara membuatnya:

  1. Ambil 1/3 bagian adonan dasar dan campurkan dengan pewarna hijau. Aduk hingga warna merata. Saring adonan menggunakan saringan halus dan sisihkan.
  2. Ambil 1/3 bagian adonan dasar dan campurkan dengan pewarna kuning. Aduk hingga warna merata. Saring adonan menggunakan saringan halus dan sisihkan.

Dengan demikian, adonan untuk semua lapisan kue lapis tepung beras JTT sudah siap. Selanjutnya, mari kita membuat kue lapis tersebut.

Cara Membuat Kue Lapis Tepung Beras JTT

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue lapis tepung beras JTT:

  1. Panaskan loyang di atas api kecil. Oleskan sedikit minyak goreng pada loyang agar adonan tidak lengket.
  2. Tuang adonan warna merah sebanyak 1 centimeter ke dalam loyang. Panggang di atas api kecil selama 5-7 menit atau hingga adonan matang. Angkat dan biarkan dingin selama 5 menit.
  3. Tuang adonan warna kuning sebanyak 1 centimeter di atas lapisan merah yang sudah matang. Panggang di atas api kecil selama 5-7 menit atau hingga adonan matang. Angkat dan biarkan dingin selama 5 menit.
  4. Lakukan hal yang sama untuk adonan warna hijau.
  5. Ulangi proses tersebut hingga semua adonan habis dan lapisan kue mencapai ketinggian yang diinginkan.
  6. Setelah selesai, biarkan kue dingin selama 30 menit hingga kue mudah dipotong dan tidak mudah hancur.

Itulah resep dan cara membuat kue lapis tepung beras JTT yang dapat dicoba di rumah. Selamat mencoba!

Jawaban atas pertanyaan yang mungkin muncul dalam benak kita saat ingin membuat kue lapis tepung beras JTT adalah sebagai berikut:

1. Apakah tepung beras harus diayak?

Tidak perlu diayak, namun sebaiknya adonan disaring menggunakan saringan kasar untuk menghindari adanya gumpalan pada adonan.

2. Apa yang harus dilakukan jika adonan terlalu kental atau terlalu cair?

Jika adonan terlalu kental, bisa ditambahkan air matang secukupnya. Namun jika adonan terlalu cair, bisa ditambahkan tepung beras secukupnya.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanggang kue lapis tepung beras JTT?

Waktu yang dibutuhkan untuk memanggang kue lapis tepung beras JTT sekitar 5-7 menit untuk setiap lapisan. Namun waktu ini dapat bervariasi tergantung dari ukuran dan jenis loyang yang digunakan.

4. Apakah kue lapis tepung beras JTT bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Ya, kue lapis tepung beras JTT dapat disimpan dalam waktu yang lama jika disimpan di dalam wadah kedap udara dan diletakkan di tempat yang sejuk dan kering.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lapis Tepung Beras Jtt ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :