Resep Kue Pukis Sederhana Buat Sendiri Bisa Dapat Banyak

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Pukis Sederhana Buat Sendiri Bisa Dapat Banyak salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Pukis Sederhana Buat Sendiri Bisa Dapat Banyak

Kue pukis adalah salah satu jajanan khas Indonesia yang sangat digemari. Selain rasanya yang enak, bentuknya yang unik dengan lubang di tengahnya membuat kue ini sangat diminati. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat kue pukis yang lezat dan empuk. Nah, pada artikel kali ini, kami akan berbagi resep kue pukis sederhana buat sendiri bisa dapat banyak. Yuk, simak selengkapnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat kue pukis, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

1. Tepung Terigu

Bahan pertama yang harus disiapkan adalah tepung terigu. Pastikan Anda menggunakan tepung terigu yang berkualitas agar kue pukis yang dihasilkan empuk dan lezat. Sebaiknya gunakan tepung terigu protein sedang atau tinggi.

2. Gula Pasir

Bahan selanjutnya adalah gula pasir. Anda bisa menyesuaikan jumlah gula pasir sesuai dengan selera. Namun, sebaiknya tidak terlalu banyak agar kue tidak terlalu manis.

3. Santan Cair

Santan cair juga merupakan bahan penting dalam membuat kue pukis. Gunakan santan cair yang berkualitas agar kue yang dihasilkan memiliki aroma yang harum dan lezat.

4. Telur Ayam

Telur ayam juga perlu disiapkan. Pastikan Anda menggunakan telur yang segar agar kue pukis yang dihasilkan tidak amis.

5. Margarin atau Butter

Untuk memberikan aroma yang sedap, Anda bisa menambahkan margarin atau butter dalam adonan kue pukis. Namun, jika Anda tidak suka dengan aroma margarin atau butter, bisa tidak menggunakan bahan ini.

6. Baking Powder

Terakhir, tambahkan baking powder agar kue pukis yang dihasilkan empuk dan mengembang sempurna.

Cara Membuat Kue Pukis

Setelah menyiapkan semua bahan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah membuat kue pukis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Campurkan Tepung Terigu dan Gula Pasir

Langkah pertama adalah mencampurkan tepung terigu dan gula pasir dalam wadah yang besar. Aduk rata hingga gula larut dalam tepung terigu.

2. Tambahkan Telur Ayam

Setelah mencampurkan tepung terigu dan gula pasir, tambahkan telur ayam ke dalam adonan. Aduk rata hingga telur tercampur sempurna.

3. Tambahkan Santan Cair

Selanjutnya, tambahkan santan cair ke dalam adonan. Aduk rata hingga adonan tercampur sempurna.

4. Tambahkan Margarin atau Butter

Jika Anda ingin memberikan aroma yang sedap pada kue pukis, tambahkan margarin atau butter ke dalam adonan. Aduk rata hingga bahan tercampur sempurna.

5. Tambahkan Baking Powder

Langkah terakhir adalah menambahkan baking powder ke dalam adonan. Aduk rata hingga baking powder tercampur sempurna.

Membuat Kue Pukis

Setelah adonan kue pukis siap, langkah selanjutnya adalah membuat kue pukis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Panaskan Loyang Kue Pukis

Langkah pertama adalah memanaskan loyang kue pukis. Oleskan margarin atau butter pada lubang loyang agar adonan tidak lengket.

2. Tuang Adonan ke Loyoang

Setelah loyang dipanaskan, tuangkan adonan ke dalam lubang loyang hingga setengah bagian. Tunggu hingga adonan mengembang sebelum dituangkan adonan lagi.

3. Tutup Loyang dan Panggang

Setelah adonan dituangkan, tutup loyang dan panggang kue pukis selama kurang lebih 5-10 menit. Jangan membuka loyang selama proses pemanggangan agar kue tidak rusak.

4. Angkat dan Sajikan

Setelah kue pukis matang, angkat dari loyang dan sajikan. Kue pukis siap disajikan sebagai camilan atau cemilan.

People Also Ask

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar resep kue pukis:

1. Apa yang membuat kue pukis empuk?

Kue pukis akan empuk jika bahan seperti tepung terigu, telur, santan cair, dan baking powder dicampur dengan proporsi yang tepat. Selain itu, jangan terlalu sering mengaduk adonan agar kue tidak keras.

2. Apa yang bisa ditambahkan ke dalam adonan kue pukis?

Anda bisa menambahkan berbagai bahan ke dalam adonan kue pukis seperti keju, cokelat, atau kismis. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan bahan agar kue tidak terlalu padat.

3. Apa yang harus dilakukan jika kue pukis tidak mengembang?

Jika kue pukis tidak mengembang, kemungkinan adonan terlalu encer atau baking powder yang digunakan terlalu sedikit. Pastikan proporsi bahan sesuai dengan resep dan tidak terlalu sering mengaduk adonan.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar resep kue pukis. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat kue pukis yang lezat dan empuk.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Pukis Sederhana Buat Sendiri Bisa Dapat Banyak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :