Resep Kue Putu Mayang Tabur Kelapa

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Putu Mayang Tabur Kelapa salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Putu Mayang Tabur Kelapa

Kue putu mayang tabur kelapa merupakan salah satu kue tradisional yang sangat populer di Indonesia. Kue ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air pandan dan ditekan melalui cetakan khusus sehingga membentuk bentuk seperti mie. Kemudian kue ini disajikan dengan taburan kelapa parut yang lembut dan manis. Berikut ini adalah resep lengkap untuk membuat kue putu mayang tabur kelapa yang lezat dan mudah dipraktekkan.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan kue putu mayang tabur kelapa, pastikan bahwa semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia. Berikut ini adalah daftar bahan yang harus disiapkan:

  • 250 gram tepung beras
  • 2 sendok makan tepung sagu
  • 500 ml air pandan
  • Garam secukupnya
  • 200 gram kelapa parut kasar
  • Daun pandan secukupnya (untuk pengharum)
  • Gula merah secukupnya (untuk rasa)

Cara Membuat Adonan Kue Putu Mayang

Pertama-tama, siapkan wadah berukuran sedang dan campurkan tepung beras, tepung sagu, dan garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Kemudian, tambahkan air pandan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi lembut dan tidak menggumpal.

Selanjutnya, panaskan kukusan dan siapkan cetakan khusus untuk membuat kue putu mayang. Letakkan daun pandan di dalam cetakan untuk memberikan aroma yang harum pada adonan kue. Setelah itu, tuang adonan kue putu mayang ke dalam cetakan dan kukus selama kurang lebih 10-15 menit hingga matang. Setelah matang, keluarkan dari cetakan dan dinginkan sejenak.

Cara Membuat Kelapa Parut

Sambil menunggu kue putu mayang matang, siapkan kelapa parut yang akan digunakan sebagai taburan. Panaskan wajan dan tumis kelapa parut kasar hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Tambahkan gula merah secukupnya untuk memberikan rasa manis pada kelapa parut. Aduk rata dan angkat dari wajan.

Cara Menyajikan Kue Putu Mayang Tabur Kelapa

Setelah kue putu mayang dan kelapa parut sudah siap, tinggal menyajikannya. Ambil beberapa potong kue putu mayang dan letakkan di atas piring. Taburi kelapa parut yang sudah ditumis di atas kue putu mayang hingga rata. Kue putu mayang tabur kelapa siap dinikmati.

People also ask: Bagaimana cara membuat kue putu mayang yang lembut dan enak?

Jawab: Cara membuat kue putu mayang yang lembut dan enak adalah dengan menggunakan tepung beras berkualitas tinggi dan air pandan yang segar. Pastikan adonan kue putu mayang tidak terlalu encer atau terlalu kental. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam pada adonan kue agar rasanya lebih enak. Untuk kelapa parut, gunakan kelapa parut yang sudah dipisahkan dari airnya dan tumis hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Tambahkan gula merah sesuai selera dan aduk rata.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Putu Mayang Tabur Kelapa ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :