Resep Kue Takjil Untuk Buka Puasa

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Takjil Untuk Buka Puasa salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Takjil Untuk Buka Puasa

Kue takjil adalah makanan yang biasa disajikan saat berbuka puasa. Kue takjil memiliki rasa yang manis dan beragam variasi. Berikut ini adalah resep kue takjil untuk buka puasa yang bisa kamu coba di rumah.

Kue Lumpur

Kue Lumpur merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sering disajikan sebagai takjil. Kue Lumpur memiliki tekstur yang lembut dan kenyal serta rasa yang manis dan gurih. Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat kue lumpur:

Bahan-bahan:

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur ayam
  • 200 ml santan kental
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • Daun pandan secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, telur ayam, santan kental, gula pasir, dan garam dalam satu wadah. Aduk rata dengan whisk atau mixer hingga tidak ada yang menggumpal.
  2. Tambahkan daun pandan secukupnya ke dalam adonan dan aduk kembali hingga tercampur rata.
  3. Panaskan cetakan kue lumpur dengan minyak goreng secukupnya. Pastikan api sedang agar kue tidak gosong.
  4. Tuangkan adonan ke dalam cetakan hingga setengah penuh. Tutup cetakan dan biarkan adonan matang selama 5-7 menit. Balikkan cetakan dan biarkan kue matang hingga berwarna coklat keemasan.
  5. Ambil kue lumpur dari cetakan dan sajikan.

Tips:

Untuk membuat kue lumpur yang lebih lezat, tambahkan parutan kelapa pada adonan sebelum dimasak. Selain itu, jangan terlalu banyak mengaduk adonan agar teksturnya tidak terlalu padat.

Kue Putu

Kue Putu adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang juga sering disajikan sebagai takjil. Kue Putu memiliki rasa yang manis dan aroma pandan yang khas. Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat kue putu:

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung ketan
  • 100 gram gula merah, serut
  • 100 ml air kelapa
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • Daun pandan secukupnya, iris tipis
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung ketan, gula merah serut, air kelapa, garam, dan air kapur sirih dalam satu wadah. Aduk rata hingga adonan bisa dipulung.
  2. Panaskan kukusan dan siapkan cetakan kue putu yang terbuat dari bambu. Olesi cetakan dengan minyak goreng agar adonan tidak lengket.
  3. Taruh sejumput daun pandan di dalam cetakan dan isi cetakan dengan adonan hingga setengah penuh. Tambahkan lagi sejumput daun pandan dan isi cetakan dengan adonan hingga penuh.
  4. Tutup cetakan dengan daun pandan atau kain putih dan kukus selama 15-20 menit.
  5. Buka tutup cetakan dan angkat kue putu dari cetakan. Sajikan kue putu dalam piring dan tambahkan parutan kelapa di atasnya.

Tips:

Untuk membuat kue putu yang lebih lezat, gunakan gula merah asli yang tidak dicampur dengan bahan pengawet atau pewarna. Selain itu, tambahkan sedikit air kapur sirih untuk membuat kue putu menjadi lebih kenyal.

Jika kamu mencari variasi resep kue takjil untuk buka puasa, kamu bisa mencoba resep kue nastar, kue lapis, atau kue kering lainnya. Selamat mencoba!

People also ask:

1. Apa saja jenis kue takjil yang sering disajikan saat buka puasa?

Jawaban: Beberapa jenis kue takjil yang sering disajikan saat buka puasa antara lain kue lumpur, kue putu, kue nastar, kue lapis, dan kue-kue kering lainnya.

2. Bagaimana cara membuat kue takjil yang enak dan lezat?

Jawaban: Cara membuat kue takjil yang enak dan lezat adalah dengan memilih bahan-bahan yang berkualitas dan memperhatikan proporsi bahan yang digunakan. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan bumbu atau rempah yang sesuai agar rasa kue lebih nikmat.

3. Apa tips membuat kue takjil agar tidak mudah basi?

Jawaban: Tips membuat kue takjil agar tidak mudah basi adalah dengan menyimpan kue di wadah yang kedap udara dan memperhatikan masa simpan kue. Kue takjil yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan dibuat dengan benar juga akan lebih awet.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Takjil Untuk Buka Puasa ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :