Resep Sambal Terasi Mentah Jeruk Purut

Posted on

Resep Sambal Terasi Mentah Jeruk Purut salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Terasi Mentah Jeruk Purut

Kamu sedang mencari resep sambal terasi mentah yang segar dan lezat? Kamu berada di tempat yang tepat! Sambal terasi mentah jeruk purut adalah salah satu sambal yang sangat populer di Indonesia. Sambal ini memiliki rasa yang pedas, asam, dan segar. Cocok untuk menemani makanan apa saja, mulai dari nasi, sayuran, hingga daging. Berikut adalah resep sambal terasi mentah jeruk purut yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal terasi mentah jeruk purut:

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah besar
  • 5 siung bawang putih
  • 2 buah tomat
  • 1 buah jeruk purut
  • 1 sdm terasi
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambal terasi mentah jeruk purut:

1. Siapkan semua bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang akan digunakan. Cuci bersih semua bahan dan iris-iris cabai, bawang putih, dan tomat.

2. Haluskan cabai, bawang putih, dan tomat

Haluskan cabai, bawang putih, dan tomat menggunakan blender atau cobek. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik.

3. Tambahkan terasi, gula, dan garam

Tambahkan terasi, gula, dan garam ke dalam adonan cabai, bawang putih, dan tomat. Aduk rata.

4. Peras jeruk purut

Peras jeruk purut dan tambahkan airnya ke dalam adonan sambal. Aduk rata.

5. Sajikan

Sambal terasi mentah jeruk purut siap disajikan. Kamu bisa menambahkan irisan tomat dan daun seledri sebagai hiasan.

Varian Sambal Terasi Mentah Jeruk Purut

Ada beberapa varian sambal terasi mentah jeruk purut yang bisa kamu coba, salah satunya adalah sambal terasi mentah jeruk purut dengan tambahan kemangi. Caranya sangat mudah, cukup tambahkan beberapa helai daun kemangi saat proses penghalusan bahan-bahan. Kamu akan merasakan sensasi rasa segar yang lebih kuat.

Jika kamu tidak suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai rawit atau menggantinya dengan cabai merah besar. Namun, jika kamu ingin sambal terasi mentah jeruk purut yang lebih pedas, kamu bisa menambahkan cabai rawit atau cabe bubuk secukupnya. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan jumlah terasi, gula, dan garam sesuai dengan selera.

People also ask: Apakah sambal terasi mentah jeruk purut bisa disimpan dalam kulkas?

Jawabannya adalah bisa. Sambal terasi mentah jeruk purut dapat disimpan dalam kulkas selama beberapa hari. Pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak tercampur dengan bau-bauan lainnya dalam kulkas. Sebelum disajikan, kamu bisa memanaskan sambal terasi mentah jeruk purut terlebih dahulu.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Mentah Jeruk Purut ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :