Resep Sambal Terasi Tomat Mentah

Posted on

Resep Sambal Terasi Tomat Mentah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Sambal Terasi Tomat Mentah

Koki profesional seperti saya pastinya memiliki berbagai resep dalam mengolah makanan. Salah satu resep yang akan saya bagikan kali ini adalah resep sambal terasi tomat mentah. Sambal terasi tomat mentah ini memiliki rasa yang segar dan pedas yang cocok untuk dijadikan pelengkap makanan.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai mengolah resep sambal terasi tomat mentah, pastikan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan sudah disiapkan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  • 10 buah tomat mentah
  • 5 buah cabai merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdm terasi
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm air jeruk limau

Cara Membuat Sambal Terasi Tomat Mentah

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat sambal terasi tomat mentah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Pastikan bahan-bahan sudah dicuci bersih dan dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan.

2. Haluskan Cabai Merah dan Bawang Putih

Haluskan cabai merah dan bawang putih menggunakan blender atau cobek. Haluskan hingga merata dan tidak ada bahan yang terlewat.

3. Tambahkan Terasi

Setelah cabai merah dan bawang putih halus, tambahkan terasi ke dalam adonan. Aduk rata hingga terasi tercampur merata dengan cabai merah dan bawang putih.

4. Tambahkan Tomat Mentah

Tambahkan potongan tomat mentah ke dalam adonan cabai merah, bawang putih, dan terasi. Aduk rata hingga tomat mentah tercampur merata dengan bahan lainnya.

5. Tambahkan Garam dan Gula Pasir

Tambahkan garam dan gula pasir ke dalam adonan. Aduk rata hingga garam dan gula pasir tercampur merata dengan bahan-bahan lainnya.

6. Tambahkan Air Jeruk Limau

Terakhir, tambahkan air jeruk limau ke dalam adonan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur merata dan sambal terasi tomat mentah siap disajikan.

Penyajian Sambal Terasi Tomat Mentah

Sambal terasi tomat mentah siap disajikan sebagai pelengkap makanan seperti nasi goreng, mie goreng, atau ayam goreng. Sambal ini juga bisa disajikan sebagai hidangan pembuka untuk menambah selera makan.

Selain itu, sambal terasi tomat mentah juga bisa disimpan dalam wadah tertutup di kulkas untuk disajikan kembali di lain waktu. Pastikan wadah yang digunakan bersih dan kering agar sambal tidak cepat basi.

People also ask

1. Apakah sambal terasi tomat mentah pedas?

Ya, sambal terasi tomat mentah memiliki rasa pedas yang cukup kuat. Namun, tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan jumlah cabai yang digunakan.

2. Apakah sambal terasi tomat mentah bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Sambal terasi tomat mentah bisa disimpan dalam wadah tertutup di kulkas selama 1-2 minggu. Namun, pastikan wadah yang digunakan bersih dan kering agar sambal tidak cepat basi.

3. Apakah sambal terasi tomat mentah bisa dijadikan sebagai bahan dasar masakan?

Ya, sambal terasi tomat mentah bisa dijadikan sebagai bahan dasar masakan seperti tumis sayuran atau masakan berkuah. Namun, pastikan tingkat kepedasannya disesuaikan dengan selera masing-masing.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terasi Tomat Mentah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :